Kamis, 21 Maret 2013

Biografi J.K. ROWLING


Joanne Rowling
31 Juli 1965
Yate, South Gloucestershire, Inggris
Novelis

Joanne Rowling terlahir dari pasangan Peter James Rowling dan Anne Rowling pada bulan Juli 1965 di Yate General Hospital, Inggris. Ia mempunyai seorang adik perempuan bernama Dianne. Keluarganya pindah ke sebuah desa dekat Winterbourne ketika ia berusia empat tahun. Ia menghabiskan masa kanak-kanaknya di Sekolah Dasar St. Michael, kepala sekolahnya -Alfred Dunn- menginspirasi Jo membuat karakter kepala sekolah Hogwarts, Prof Dumbledore.


Jo telah menulis cerita fantasi sejak kecil, yang biasanya ia bacakan untuk Di. Ia ingat, "saya bercerita tentang Di yang jatuh ke lubang kelinci dan diberi makan stroberi oleh keluarga kelinci. Tentu saja kisah pertama yang saya tulis (ketika saya berumur lima atau enam tahun) tentang seekor kelinci yang saya beri nama Rabbit. Ia terkena campak dan dikunjungi teman-temannya, termasuk laba-laba raksasa bernama Miss Bee". Pada usia sembilan tahun, Jo pindah ke Chruch Cottage di desa Gloucestershire, Tutshill, dekat Chepstow. Yang kemudian ia melanjutkan pendidikan di Wyedean Comprehensive School and College.

Jo meninggalkan Chepstow untuk kuliah di Exeter University mengikuti saran orangtuanya, ia belajar bahasa Perancis dan Inggris Klasik agar bisa menjadi sekretaris yang mampu bicara dwibahasa, dan pernah belajar langsung ke Paris selama satu tahun. Pekerjaan itu ternyata tidak cocok baginya. Soalnya, bukannya mencatat jalannya rapat, ia malah sibuk mengarang cerita. Akhirnya ia dipecat dan sejak itu gonta-ganti pekerjaannya. 
Tahun 1990, dalam perjalanan dari Manchester ke London, kereta yang ditumpanginya mogok selama sekitar empat jam. Saat duduk di kereta sambil memandangi segerombolan sapi melalui jendela, ide tentang kisah Harry Potter muncul di benaknya. Selama beberapa bulan berikutnya Jo sibuk mengembangkan kisah petualangan penyihir cilik ini. September 1990 ia pindah ke Portugal dan bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Di sana ia jatuh cinta pada seorang jurnalis televisi bernama Jorge Arantes. Mereka menikah dan tahun 1993 lahirlah putri mereka, Jessica. Tak lama setelah itu mereka bercerai, dan Jo pindah ke Edinburgh, Skotlandia. Pada masa itu hidup Jo benar-benar terpuruk, begitu miskin sehingga kemana-mana ia berjalan kaki walaupun ongkos bus kota murah. Ia sering menulis di cafe, karena flatnya yang sempit dan dingin jelas bukan tempat yang penuh inspirasi. Untung si pemilik cafe baik hati, membiarkannya menulis di sana meski ia hanya memesan secangkir kopi dan segelas air, sementara bayinya tertidur. Tahun 1997 nasibnya berubah total ketika penerbit Inggris, Bloomsbury Press, menerbitkan buku Harry Potter yang pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone (di Amerika terbit dengan judul Harry Potter and the Sorcerer's Stone) dengan nama J.K. Rowling. Singkatan "K" untuk Kathleen, nama neneknya, yang ditambahkan atas permintaan penerbitnya yang berfikir bahwa nama penulis wanita tidak akan menarik minat baca anak laki-laki.

Buku kedua, Harry Potter and the Chamber of Secrets, diterbitkan pada bulan Juli 1998 dan menduduki peringkat pertama dalam daftar buku laris selama satu bulan setelah diterbitkan. Kesuksesannya diikuti seri-seri berikutnya, yaitu: Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (1999), Harry Potter and the Goblet of Fire (2000), Harry Potter and the Order of the Phoenix (2003), Harry Potter and the Half-Blood Prince (2005), dan Harry Potter and the Deathly Hallows (2007).

J.K. Rowling juga menulis dua buku pendamping, yang muncul sebagai judul buku dari buku pelajaran Hogwarts di dalam novel yaitu Fantastic Beasts and Where to Find Them dan Quidditch Through the Age pada Maret 2001.

Dan pada bulan Desember 2008, The Tales of Beedle the Bard diterbitkan. Dan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk Lumos, sebuah yayasan perlindungan anak.

Sekarang J.K. Rowling tinggal di Edinburgh bersama suami -Dr. Neil Murray-, dan ketiga anaknya -Jessica, David dan Mackenzie.

Buku J.K. Rowling terbaru, The Casual Vacancy, novel pertamanya untuk pembaca dewasa, telah diterbitkan dalam bahasa Inggris pada bulan September 2012.

Website resmi:
www.jkrowling.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *