Kamis, 21 Maret 2013

Biografi RODERICK GORDON


Roderick Gordon
November 1960
Highgate, London Utara, Inggris
Novelis

Roderick Gordon lahir pada bulan November 1960. Ia tumbuh besar di Highgate, London Utara. Roderick kecil sangat pemalu, ia menghabiskan hari-harinya dengan menggambar dan menulis, dan ketika bersekolah di The Hall School, Hampstead, cerita pendek pertamanya dimuat dalam majalah sekolah, saat itu ia berusia dua belas tahun. Kemudian ia melanjutkan ke sekolah umum di Oundle lalu ke Universitas College, London, untuk mempelajari Biologi terutama Genetika. Di sinilah ia bertemu dengan kolaborator masa depannya dalam seri Tunnels, Brian Williams, yang ketika itu bersekolah di Slade School of Fine Art. Mereka menjadi sahabat sejak musim panas tahun 1980, dan terus berhubungan sampai sekitar dua puluh tiga tahun kemudian, mereka akhirnya bekerja sama melalui tulisan mereka.


Setelah usahanya gagal untuk transfer ke jurusan kedokteran, Roderick lulus pada tahun 1983 tanpa tahu apa yang sebenarnya ia inginkan. Selama beberapa tahun ia hanya menulis lagu dan bergabung dalam sebuah band, dan juga bermain-main dengan ide untuk melakukan sesuatu di industri film (ia bekerja sangat sebentar di George Harrison's Handmade Films). Tapi entah bagaimana, akhirnya ia bekerja di sebuah bank investasi.

Pada tahun 2001, setelah bekerja hampir dua dekade, ia merasa ini sudah lebih dari cukup, sesuatu yang digambarkan sebagai blessing in disquise. Sekarang ia bisa bertemu lebih teratur dengan teman lamanya, Brian Williams. Pada tahun 2003, mereka memutuskan untuk mulai bekerja sama. Proyek pertama mereka adalah skenario untuk sebuah thriller kejahatan bernama "Second Face", dan mereka merasakan kenyamanan yang kemudian memutuskan untuk melanjutkan kerjasama dan mulai menulis sebuah buku untuk pembaca muda, ide ini pertama kali diusulkan oleh istri Roderick, Sophie.
  

Roderick selalu tertarik pada arkeologi dan paleontologi. Di antara kakek buyutnya (termasuk R.D. Blackmore dan Matthew Arnold) adalah William Buckland yang secara luas diakui sebagai kakek moyang geologi. Pada tahun 1824, Profesor Buckland memberikan sesuatu yang dianggap sebagai kuliah ilmiah pertama pada tulang rahang dari dinosaurus yang disebut Megaolosaurus, sekitar dua puluh tahun sebelum kata dinosaurus diciptakan oleh Richard Owen. Roderick sendiri terpesona dengan "apa yang ada di bawah", dan ketika ia membeli rumah dengan bangunan abad keenam belas di Northamptonshire, yang dikabarkan memiliki lorong rahasia di bawahnya. Dari sinilah ide tentang Tunnels lahir. 

Pada tahun 2005, Roderick menerbitkan sendiri novel The Mole Highfield. Dengan cepat terjual habis, dan menarik perhatian Barry Cunningham, penerbit asli karya-karya J.K. Rowling dan pendiri The Chicken House, sebuah penerbit buku anak-anak. Setelah melalui masa editing, Barry menerbitkan The Mole Highfield pada bulan Juli 2007, dan merubah judulnya menjadi Tunnels untuk mencerminkan perubahan. 

Setelah menjadi pusat perhatian media massa di seluruh peluncurannya, Tunnels kini telah diterbitkan oleh empat puluh negara dan masuk ke Daftar New York Times Bestseller, terjual lebih dari satu juta eksemplar di seluruh dunia. Tak lama setelah itu, diumumkan hak pembuatan film dibeli oleh sebuah perusahaan produksi yang berbasis di US -Relativity Media, dan Vincenzo Natali ditunjuk sebagai sutradara. Sebuah manga juga telah dirilis di Jepang. Tunnels merupakan buku seri dengan lanjutan Deeper (2008), Freefall (2009), Closer (2010), dan Spiral (2011). Buku keenam dan terakhir dengan judul Terminal akan diterbitkan di Inggris pada tanggal 6 Mei 2013.

Saat ini Roderick tinggal di Norfolk bersama istri dan kedua anaknya.  

Website resmi:
www.roderickgordon.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *