Kamis, 07 Agustus 2014

[RESENSI] DARK PARALLEL by M. G. HARRIS


"DUNIA PARALEL"
(The Joshua Files Series #4)
Text © Maria Harris, 2011
Alih bahasa: Nina Andiana
Desain dan ilustrasi cover: Martin Dima
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
cetakan pertama: Juni 2012
ISBN: 978-979-22-8429-4
368 hlm


S I N O P S I S

Selama ini Josh tidak sepenuhnya memahami konsekuensi perjalanan waktu: bahwa hal sekecil apa pun bisa mengubah masa lalu sekaligus masa depan, menciptakan dunia paralel yang tak terduga. Sampai ia dijebak dan terlempar ke masa keemasan bangsa Maya Kuno -bersama Ixchel!

Kini Josh harus mengatasi berbagai bahaya dalam realitas paralel mengerikan yang muncul di hadapannya, berusaha memperbaiki kesalahan yang dilakukan penjelajah waktu misterius. Tetapi, bagi Josh, yang terpenting adalah memastikan Ixchel selamat dalam petualangan mendebarkan ini.

http://www.thejoshuafiles.com


NB: JANGAN DIBACA, MENGANDUNG SPOILER!!
R E S E N S I

Ini kisah tentang pencarian kebenaran. Kebenaran yang akan membawa ke kebenaran yang lain.
Ia percaya ada serangkaian masa yang tak terhitung banyaknya dalam jaring waktu yang divergen, konvergen, dan paralel yang terus berkembang dan memusingkan. -dari The Garden of Forking Paths karya Jorge Luis Borges-
Setelah penculikan yang dilakukan Sekte Huracan di Brasil, tak aman lagi bagi Josh dan Mum untuk tetap tinggal di Oxford. Kini mereka tinggal di salah satu apartemen di Ek Naab. Josh melanjutkan sekolahnya di Tec Preparatory School.

Setelah tiga bulan menjalani kehidupan baru di Ek Naab, Josh merasa ada yang aneh. Ia menuangkan segala keanehan yang ia rasakan di blog. Lalu muncul komentar, dari Emmy, teman sekolahnya di Oxford. Entah bagaimana Emmy mengetahui password yang ia gunakan pada blog pribadinya. Dan mengapa Emmy tak mengenal Tyler?

Josh mempunyai ritual khusus setiap paginya, berdiri dengan tangan di pinggiran cenote. Pagi itu ritualnya terganggu dengan kehadiran Benicio, sepupunya, dan juga Ixchel -kini Benicio dan Ixchel berpacaran. Ixchel membawa pesan bahwa Montoyo ingin Josh pergi ke apartemennya. Lalu terjadi saling ejek di antara Josh dan Benicio hingga berujung ke tantangan motor. Hingga Josh mengesampingkan pesan Montoyo. Dan lagi-lagi hal yang sama terjadi, Benicio tak mengenal Tyler. Adakah yang salah dengan ingatan Josh?

Akhir-akhir ini memang ada yang aneh di Ek Naab. Orang-orang sibuk berpesta -hal yang jarang terjadi sejak Josh datang-, dan  Benicio membicarakan Codex Ix seakan-akan tak ada jalan keluar untuk rencana 2012. Semua ini benar-benar mengganggu ketenangan Josh. Ditambah lagi rasa cemburunya terhadap Ixchel, yang entah bagaimana mengubahnya menjadi seorang penguntit, menguntit setiap gerak-gerik Ixchel.

Balap motor dilakukan di kebun pisang di perkebunan. Benicio mengendarai Harley Davidson-nya, sedangkan Josh menggunakan motor Honda 250cc. Dan balapan tidak berakhir dengan baik. Benicio mengalami kecelakaan dan tangannya patah. Tim medis Ek Naab dengan segera mengoperasinya. Lalu pertengkaran hebat antara Ixchel dan Josh tak bisa dielakkan lagi. Dan terungkaplah alasan dibalik sikap Ixchel yang memilih Benicio daripada Josh.

Di tengah rasa frustasi akibat pertengkarannya dengan Ixchel, Josh hanya tahu satu orang yang tepat untuk ia mintai pendapat. Tyler. Tapi yang terjadi sungguh membuat Josh bingung. Mungkinkah ada yang berubah dengan otaknya setelah gennya dirubah Sekte Huracan? Lorena, sang Ilmuwan Utama di Ek Naab menjadi tujuan Josh untuk mencari jawaban.

Lalu Montoyo datang dengan wajah seius. Josh benar-benar melupakan pesan Ixchel. Tapi anehnya Montoyo sama sekali tidak marah. Ada hal yang lebih serius. Blanco Vigores menghilang, dan sesuatu ditemukan di apartemen Vigores. Semua berhubungan dengan Gelang Itzamna.

Montoyo mempunyai sebuah rencana. Rencana yang berhubungan dengan Gelang Itzamna dan Codex Ix. Kali ini ia sendiri yang akan melakukannya, tanpa melibatkan Josh. Rencana itu sangat berbahaya. Dan tentu saja akan mengubah banyak hal. Waktu tak pernah bisa dipermainkan. Sekecil apapun perubahan yang terjadi, akan mengubah masa lalu juga masa depan.

Malam itu Josh pergi ke apartemen Montoyo untuk membantunya menjalankan rencana berbahaya itu. Montoyo berencana pergi ke Calakmul pada tahun 653 M, tapi ia tidak berhasil mengubah pengaturan waktu. Mungkin ada hubungannya dengan gen Bakab. Montoyo memindahkan Gelang Itzamna ke tangan Josh, dengan tujuan untuk merubah pengaturan waktu lalu memindahkan Gelang itu ke tangannya lagi. Tiba-tiba Ixchel muncul, ternyata ia mengikuti Josh ketika mereka bertemu di depan apartemen Josh. Terjadi sedikit pergulatan. Dan tanpa sengaja Gelang Itzamna diaktifkan. Hitungan mundur tak bisa dihentikan. Gelang itu membawa Josh ke Calakmul pada abad ketujuh. Bersama Ixchel.

Apa yang akan menimpa mereka di Calakmul pada abad ketujuh? Berhasilkah Josh mendapatkan Codex Ix? Petualangan mendebarkan akan mereka alami kali ini. Dan berhasilkah mereka kembali ke abad 21?


Kesan:
Petualangan tokoh utama kali ini jauh lebih menegangkan. Kali ini bukan lokasi yang berpindah, tetapi waktu. Peradapan bangsa Maya pada abad ketujuh digambarkan dengan baik. Tata cara kehidupan yang seakan nyawa orang-orang dengan status rendah tak dihargai. Pengorbanan nyawa merupakan hal yang biasa. Dan untung saja kehidupan seperti itu tidak ditemukan di abad ini.

Tidak seperti buku sebelumnya, bumbu percintaan ala remaja mendominasi. Rasa cemburu, pamer, pelukan, ciuman, semua ada. Pergulatan batin tentang cinta bertebaran di mana-mana. Di beberapa bagian cukup mengganggu -bagi saya.

Waktu memang sesuatu yang sangat riskan. Perubahan sedikit saja akan berpengaruh besar di kemudian hari. Gagasan tentang dunia paralel sangat menarik. Kehidupan yang berjalan beriringan namun dengan kemungkinan-kemungkinan kejadian berbeda. Menghasilkan efek yang berbeda pula. Atau memang benar-benar terjadi? 

Kisah Josh Garsia dan peradaban Bangsa Maya ini masih mengingatkanku pada kisah petualangan Josh Newman dalam The Secret of the Immortal Nicholas Flamel. Nama yang sama dan dengan kisah perjalanan waktu dengan tujuan yang sama, menyelamatkan kehidupan manusia. Mungkin hanya kebetulan saja. Entahlah...



C O V E R - L A I N




RATTING 4 of 5

<< M. G. HARRIS >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *