Rabu, 10 Desember 2014

[RESENSI] CHARLIE AND THE CHOCOLATE FACTORY by ROALD DAHL


"CHARLIE DAN PABRIK COKELAT AJAIB"
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1964
Illustrations copyright © Quentin Blake, 1995
Alih bahasa: Ade Dina Sigarlaki
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama: Juli 2002
ISBN: 979-686-889-X
200 hlm


S I N O P S I S

5115619 Ciptaan-ciptaan Mr. Wonka menakjubkan. Pria misterius itu membuat berbagai macam permen enak di pabrik coklatnya yang luar biasa. Tapi tidak seorang pun pernah melihat bagian dalam pabrik tersebut, atau bahkan bertemu Mr. Wonka! Karena itu orang-orang langsung gempar ketika Mr. Wonka mengadakan sayembara.

Charlie Bucket nyaris tidak bisa mempercayai kemujurannya ketika ia menemukan tiket emas sayembara dan memenangkan perjalanan paling mengesankan seumur hidupnya: berkeliling pabrik coklat yang terkenal itu dan melihat berbagai kreasi terbaru Mr. Wonka.


NB: JANGAN DIBACA, MENGANDUNG SPOILER!!!

R E S E N S I

Di sebuah kota berdiri sebuah pabrik coklat yang luar biasa besar. Dulu pabrik itu memiliki pekerja yang sangat banyak. Hingga tiba-tiba Mr. Wonka--pemilik pabrik coklat--meminta semua pekerjanya untuk pulang. Keesokannya pintu gerbang pabrik dikunci dan digembok. Pabrik itu tutup dalam waktu yang cukup lama.

Suatu hari, secara mengejutkan pabrik coklat itu beroperasi kembali. Tak ada pekerja yang masuk atau pun keluar, tidak pula Mr. Wonka. Namun pabrik itu menghasilkan coklat-coklat yang luar biasa enak dan tak ada tandingannya di dunia. Hingga sebuah sayembara menggemparkan tidak hanya warga kota, tapi juga seluruh dunia.

Ada lima tiket emas yang tersembunyi di dalam coklat. Tiket yang berhadiah perjalanan mengelilingi pabrik coklat milik Mr. Wonka. Semua orang di dunia berbondong-bondong membeli dan berharap mendapatkan salah satu tiket emas. Hanya lima anak beruntunglah yang berhasil mendapatkan tiket emas itu.

Yang pertama adalah seorang anak laki-laki yang luar biasa gendut, Augustus Gloop. Kedua, seorang gadis kecil yang sangat manja bernama Veruca Salt. Ketiga, Violet Beauregarde. Seorang gadis yang mulutnya tak pernah berhenti mengunyah permen karet. Keempat, Mike Teavee. Anak laki-laki berumur sembilan tahun yang selalu berada di depan televisi dan di tubuhnya terpasang banyak sekali pistol mainan. Dan yang terakhir adalah seorang anak laki-laki kurus dan miskin. Tinggal di sebuah gubuk kecil di pinggir kota bersama ayah dan ibunya, beserta keempat kakek dan neneknya yang sudah sangat tua. Anak beruntung itu bernamanya Charlie Bucket.

Dan dimulailah perjalanan yang menakjubkan. Perjalanan mengelilingi pabrik coklat yang luar biasa. Hal-hal ajaib terjadi dan mengubah kehidupan kelima anak beruntung itu.

Seperti apakah isi pabrik coklat itu? Dan hal ajaib apa yang terjadi di sana?


KESAN :
Ini kisah pertama Grandpa Roald yang aku baca. Kisah petualangan anak-anak yang menarik dan banyak hal-hal positif yang disampaikan. Di mana anak-anak nakal selalu mendapatkan hukuman, dan anak baik mendapatkan hadiah. Namun disampaikan secara menarik. 

Buku ini sudah difilmkan, diperankan oleh Johnny Deep dan Freddie Highmore. Dan dikarenakan aku lebih dulu melihat filmnya, sehingga kisah dalam buku ini menjadi kurang menarik. Kurang greget aja.

Tapi untuk pembaca anak-anak, buku ini sangat direkomendasikan!


DIADAPTASI KE :

Judul: Charlie and the Chocolate Factory
PH: Warner Bros.
Produser: Brad Grey, Richard D. Zanuck
Sutradara: Tim Burton
Skenario: John August
Rilis: 15 Juli 2005 (USA)
Durasi: 115 menit
Pemain: Johnny Deep, Freddie Highmore, David Kelly



RATTING 3 of 5

<< ROALD DAHL >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *