Rabu, 10 Desember 2014

[RESENSI] KESATRIA, PUTRI, & BINTANG JATUH by DEWI LESTARI


"KESATRIA, PUTRI, & BINTANG JATUH"
(Supernova Series #1)
© 2012, Dee/Dewi Lestari
Penyunting: Dhewiberta
Perancang sampul: Fahmi Ilmansyah
Simbol sampul: Supernova Web
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan pertama: Maret 2012
ISBN: 978-602-8811-72-9
322 hlm


S I N O P S I S

 Menunaikan ikrar mereka untuk berkarya bersama, pasangan Dimas dan Reuben mulai menulis roman yang diberi judul Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Paralel dengan itu, dalam kehidupan nyata, sebuah kisah cinta terlarang terjalin antara Ferre dan Rana. Hubungan cinta mereka perepresentasikan dinamika yang terjadi antara tokoh Kesatria dan Putri dalam fiksi Dimas dan Reuben. Tokoh ketiga, Bintang Jatuh, dihadirkan oleh seorang peragawati terkenal bernama Diva, yang memiliki profesi sampingan sebagai pelacur kelas atas.

Tanpa ada yang bisa mengantisipasi, kehadiran sosok bernama Supernova menjadi kunci penentu yang akhirnya merajut kehidupan nyata antara Ferre-Rana-Diva dengan kisah fiksi karya Dimas-Reuben dalam satu dimensi kehidupan yang sama.


NB: JANGAN DIBACA, MENGANDUNG SPOILER!!

R E S E N S I

Sepuluh tahun yang lalu, pasangan gay--Dimas dan Reuben--dipertemukan di Washington, DC. dalam sebuah pesta. Mereka berikrar, sepuluh tahun dari sekarang, mereka akan menciptakan sebuah karya bersama. Sebuah roman sains, yang romantis, sekaligus puitis: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Yang tanpa mereka sadari, kisah mereka hadir dalam dunia nyata.

Kesatria, hadir dalam sosok bernama Ferre. Seorang Managing Director di sebuah perusahaan multinasional, pintar, dan sukses. Yang menghabiskan harinya dengan rutinitas perkantoran dan rapat-rapat panjang. Seseorang dari kalangan kelas atas yang begitu dipuja oleh kaum Hawa. Namun menyimpan rasa duka, kesepian, dan kebosanan.

Rana, seorang Wakil Pemred di sebuah redaksi majalah wanita. Seorang perempuan yang telah menikah selama tiga tahun dengan seorang pria ningrat yang luar biasa baik bernama Arwin. Seorang istri yang merasa lelah dengan kemonotonan rumah tangganya. Yang merasa kehilangan jati dirinya yang dulu. Dialah Sang Putri.

Nah, Bintang Jatuh. Seorang wanita yang luar biasa. Seseorang yang memandang sinis kehidupan. Otaknya lebih pintar dari ilmuwan, lidahnya lebih tajam dari pedang, dan sikapnya lebih dingin dari es. Seorang supermodel ternama namun juga pelacur kelas atas. Diva.

Kesatria dan Putri dipertemukan dalam sebuah wawancara. Dimulai dari saling mengagumi, lalu berujung dengan cinta. Kisah yang begitu melimpah akan cinta, namun dilihat dari segi mana pun tetap salah. Hubungan yang tak seharusnya terjalin. Hingga sebuah pilihan harus diambil.

Kesatria tak pernah menduga akan menemukan Sang Bintang Jatuh di depan matanya. Sosok yang seharusnya ia benci, namun hadir dalam wujud yang begitu indah dan menakjubkan. Selama bertahun-tahun mereka bertetangga, memiliki kamar kerja yang saling berhadapan. Hingga hubungan mereka menghadirkan Sang Supernova sendiri.

Sanggupkah Ferre membenci Diva? Bagaimana pula akhir kisah Ferre-Rana-Arwin? Dan sadarkah Reuben dan Dimas bahwa kisah yang mereka tulis telah menjelma dalam kehidupan nyata?


KESAN :
Karya pertama Dewi Lestari ini benar-benar bikin mikir. Sebenarnya bukan kisah roman yang berat, tetapi kisah yang mengajak pembacanya untuk berfikir. Berfikir tentang kehidupan yang selama ini telah dijalani. Bahasa-bahasa sains dipadukan dengan kata-kata puitis. Dan jadilah karya yang luar biasa di era-nya.

Di bagian di mana terjadi interaksi antara Reuben dan Dimas terlalu dipanjang-panjangkan. Walaupun beberapa bagian dilewati sekalipun, sama sekali tidak merubah jalannya cerita. Dan jujur saja, bahasa sains yang digunakan cukup mengganggu--untuk saya. Sesuatu yang seharusnya bisa dijelaskan dengan sederhana jadi terlalu membingungkan jika tidak benar-benar dipahami.

Untuk karakter para tokohnya, sayang sekali kurang kuat terbangun. Tidak ada tokoh yang memberi kesan yang mendalam ketika halaman terakhir selesai dibaca. Semua tokoh utama tak ada bedanya dengan tokoh-tokoh yang sekedar lewat. Hilang begitu saja.

Secara keseluruhan, tetap menarik dan wajib diikuti kisah selanjutnya. Yang aku sendiri tak tahu tokoh mana yang bakal tetap hadir dan membangun ceritanya. Kita tunggu saja. Semua akan terjawab dalam seri Supernova yang lain. :)


C O V E R - L A I N

   




DIADAPTASI KE

Judul: SUPERNOVA: Ksatria, Putri, & Bintang Jatuh
PH: Soraya Intercine Films
Produser: Sunil Soraya
Sutradara: Rizal Mantovani
Skenario: 
Durasi:
Rilis: 11 Desember 2014
Pemain: Herjunot Ali, Raline Shah, Paula Verhoeven, Fedi Nuril, Arifin Putra, Hamish Daud



RATTING 3 of 5

AKAR >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *