Minggu, 19 April 2015

[RESENSI] THE IRONWOOD TREE by TONY DITERLIZZI & HOLLY BLACK


"POHON BESI"
(The Spiderwick Chronicles #4)
Copyright © 2003 by Tony DiTerlizzi and Holly Black
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa: Donna Widjajanto
Cetakan pertama: November 2004
ISBN: 978-979-22-1087-43
136 hlm


S I N O P S I S

Mallory akan menghadapi kompetisi anggar di sekolahnya. Jared, Simon, dan Mrs. Grace turut serta untuk menyaksikannya. Mereka duduk di barisan penonton, sementara Mallory duduk bersama timnya. Lalu tiba-tiba Jared melihat dari kejauhan seorang anak perempuan sedang mengacak-acak tas kakaknya, dia tampak mencurigakan, sehingga Jared memutuskan untuk menghampirinya. Namun setibanya ia di sana, Jared tidak menemukan gadis itu lagi.

Saat akan ke kamar mandi, Jared bertemu dengan seorang anak laki-laki yang sangat mirip dengannya, tadinya Jared mengira itu adalah Simon, namun dengan pakaian yang sama dengan Jared. Jared yakin anak itu adalah jelmaan peri. Lalu Jared mengancamnya dengan pisau lipat yang ada di sakunya, anak itu pun lari ketakutan (well, peri takut pada logam dan semacamnya). Tapi ternyata Wakil Kepala Sekolah melihat perbuatan Jared hingga ia harus diskors dari sekolah. Mrs. Grace pun dipanggil Kepala Sekolah. Simon berusaha menghibur Jared.

Saat akan pulang, Jared dan Simon tidak menemukan Mallory. Mereka berdua lalu mencarinya hingga ke tambang. Mallory diculik oleh para Dwarf! Di depan tambang ada sebuah teka-teki yang membingungkan, namun kali ini Simon-lah yang berhasil memecahkannya. Mereka lalu masuk ke tambang dan melihat ada banyak pohon besi buatan para dwarf. Mallory ada di bawah salah satu pohon itu.

Dwarf-dwarf itu juga menginginkan Panduan Lapangan. Jared lalu memberi mereka sebuah bungkusan yang isinya sebenarnya adalah buku matematika. Jared telah menipu para dwarf! Namun Mallory tidak segera dibebaskan. Jared dan Simon bahkan juga ikut dikurung. Namun berkat kecerdikan Jared dan Simon, mereka bertiga akhirnya berhasil melarikan diri.


R E S E N S I

Sekarang kita masuk ke buku keempat, yang bersetting lokasi di pertambangan. Makhluk yang dihadapi ketiga keluarga Grace kali ini adalah Dwarf. Makhluk yang hidup di bekas-bekas tambang, pengrajin besi yang luar biasa. Mereka bisa menciptakan pohon dari besi hingga binatang-binatang dari besi pula. Dan yang lebih luar biasa, semuanya hidup dan bergerak, bukan hanya pohon atau binatang hiasan.

Dalam kisah ini, hikmah yang saya dapatkan adalah jangan pernah menipu jika tidak ingin ditipu. Jared menipu para dwarf dengan Panduan Lapangan palsu sehingga ia juga ditipu bahwa mereka boleh memiliki Mallory namun mereka tidak akan dibebaskan. So, jangan pernah melakukan penipuan!

Yang menurut saya janggal dari kisah ini adalah saat ketiga Grace masuk ke celah batu yang kemudian keluar di halaman rumput di luar pertambangan. Di sana tidak disebutkan sama sekali tentang jalur celah batu yang menanjak atau hanya datar saja. Jika tempat tinggal para dwarf ada pohon besi yang sangat besar, tentu saja mereka berada jauh di bawah tanah. Dan tidak mungkin mereka bisa keluar dengan begitu cepat ke permukaan.

Ya, secara keseluruhan saya menyukai kisah ini!


C O V E R - L A I N



DIADAPTASI KE

Distributor: Paramount Pictures
Sutradara: Mark Waters
Produser: Frank Marshall, Kathleen Kennedy, Karey Kirkpatrick, Holly Black, Tony DiTerlizzi
Skenario: Karey Kirkpatrick, David Berebaum, John Sayles
Rilis: 14 Februari 2008
Durasi: 97 menit
Pemain: Freddie Highmore, Sarah Bolger



RATTING 2 of 5

<< LUCINDA'S SECRET
<< TONY DITERLIZZI >>
<< HOLLY BLACK >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *