Senin, 22 Agustus 2016

[RESENSI] THE HUNGER GAMES by SUZANNE COLLINS


 "THE HUNGER GAMES"
(The Hunger Games Trilogy #1)
Copyright © 2008 by Suzanne Collins
Alih bahasa: Hetih Rusli
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama: Oktober 2009
ISBN: 978-979-22-5075-6
408 hlm


S I N O P S I S


Dua puluh empat peserta. 
Hanya satu pemenang yang selamat.

Amerika Utara musnah sudah. Kini di bekasnya berdiri negara Panem, dengan Capitol sebagai pusat kota yang dikelilingi dua belas distrik. Katniss gadis 16 tahun tinggal bersama adik perempuan dan ibunya di distrik termiskin di Distrik 12.

Karena pemberontakan di masa lalu terhadap Capitol, setiap tahun masing-masing Distrik harus mengirim seorang anak perempuan dan anak lelaki untuk bertarung sampai mati dan ditayangkan secara langsung di acara televisi "The Hunger Games". Hanya ada satu pemenang setiap tahun. Tujuannya adalah: membunuh atau dibunuh.

Ketika adik perempuannya terpilih mengikuti Hunger Games, Katniss mengajukan diri untuk menggantikannya. Dan dimulailah pertarungan yang takkan pernah dilupakan Capitol.



R E S E N S I

The Hunger Games merupakan sebuah karya menakjubkan dari tangan Suzanne Collins yang berisi kisah perjuangan sekelompok anak untuk bertahan hidup.

Ber-setting di negara Panem dengan ibu kota pemerintahan bernama Capitol, negara yang muncul dari sisa-sisa tempat yang dulunya bernama Amerika Utara. Panem terdiri dari 13 Distrik. Namun Masa Kegelapan mengubah segalanya. 12 Distrik berhasil dikalahkan dan Distrik 13 dimusnahkan. Untuk mengingat masa itu agar tidak terulang, Capitol membuat Hunger Games.

Katniss Everdeen, gadis berusia 16 tahun dan tinggal di kota Seam di Distrik 12, terbiasa melakukan perbuatan ilegal, berburu di hutan di luar pagar Distrik demi menghidupi Ibu dan adiknya--Prim, semenjak Ayahnya meninggal. Katniss mempunyai partner berburu, Gale Hawhrone, yang juga bernasib sama dengannya, harus menghidupi Ibu beserta keempat adiknya.
Distrik Dua Belas. Di sana kau bisa mati kelaparan dalam keadaan aman. (hlm.13)
Hunger Games sendiri adalah sebuah permainan yang diadakan setiap tahun dan disiarkan langsung di seluruh Panem. Permainan yang diciptakan Capitol untuk mengingatkan kepada penduduknya bahwa mereka bisa melakukan apa saja. Setiap Distrik harus mengirimkan satu anak perempuan dan satu anak lelaki berusia 12-18 tahun. Mereka akan di tempatkan di arena pertandingan untuk saling membunuh. Peserta terakhir yang masih bertahan hidup, dialah pemenangnya.

Tahun ini merupakan tahun ke-74 diadakannya Hunger Games. Dan hari ini Hari Pemungutan. Pemungutan diadakan di alun-alun kota pada pukul dua siang. Dan hari ini hari pemungutan pertama untuk Prim.

Di alun-alun, penduduk Distrik 12 sudah berkumpul dan dikelompokkan berdasarkan umur. Di depan ada panggung non-permanen yang berisi tiga kursi: untuk walikota Undersee, Effie Trinket--pengiring Distrik 12, dan yang kosong untuk Haymitch Abernathy--satu-satunya pemenang dari Distrik 12 yang masih hidup.

Setelah walikota Undersee membacakan sejarah panjang Hunger Games, Effie bersiap mengambil satu nama di bola kaca, selalu nama anak perempuan lebih dulu. Dan memang bukan nama Katniss yang muncul. Tapi Primrose Everdeen.

Waktu seakan berhenti, dan Katniss lupa caranya bernafas. Bagaimana mungkin nama Prim yang muncul? Tiba-tiba Katniss berlari ke depan, mengajukan diri sebagai peserta--menggantikan Prim. Bisakah?

Bersama Peeta Mellark--anak laki-laki yang terpilih, Haymitch, dan Effie, Katniss berangkat ke Capitol. Ada serangkaian persiapan yang harus Katniss dan Peeta lalui. Ketika nanti hari yang dinanti tiba, hari dimulainya Hunger Games, Katniss tahu ini akan merubah segalanya. Dan ketika terompet tanda pertandingan dimulai, maka dimulai pulalah pertunjukkan yang tak bakal pernah Capitol lupakan. Hunger Games kali ini akan sangat berbeda...




Suzanne Collins benar-benar mampu membuat emosi pembaca naik turun. Penggambaran tentang Panem, terutama Capitol, sampai ke pembaca. Petualangan dan percintaan antara Katniss dan Peeta sungguh indah, walaupun tanpa digambarkan seperti kisah percintaan ala FTV yang seakan terlalu dibuat-buat, namun kisah yang sederhana dengan kesan mendalam. Penokohan yang kuat menumbuhkan perbedaan pemikiran tentang arti kehidupan dan bagaimana mereka menyikapi segala aturan yang Panem tetapkan. Yang pasti, bagi Anda pecinta kisah petualangan, wajib baca!   


C O V E R - L A I N


  

  

    

  

    




DIADAPTASI KE :

Judul: The Hunger Games
PH: Lionsgate
Sutradara: Gary Ross
Produser: Nina Jacobson, Jon Kilik
Skenario: Gary Ross, Suzanne Collins, Billy Ray
Rilis: 12 Maret 2012
Durasi: 142 menit
Pemain: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth




RATING: 4 of 5

<< SUZANNE COLLINS >>

CATCHING FIRE >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *