Jumat, 06 September 2013

[RESENSI] WAKE oleh LISA McMANN


"TERJAGA"
(Dream Catcher Trilogy #1)
Copyright © 2008 by Lisa McMann
Alih bahasa: Rosemary Kesauly
Desain cover: Martin Dima
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama: Januari 2010
ISBN: 978-979-22-5246-0
216 hlm


S I N O P S I S

Janie, gadis berusia tujuh belas tahun, sudah biasa tersedot ke mimpi orang lain. Terutama mimpi tentang jatuh, telanjang, dan seks.

Ia tidak bisa memberitahu siapa-siapa tentang "kelebihannya" ini -takkan ada yang percaya. Mereka bisa-bisa malah mengira ia gila.

Lalu ia terjatuh ke dalam mimpi buruk mengerikan, mimpi yang mencekamnya sampai ke tulang sumsum. Untuk pertama kali, Janie bukan lagi sekedar saksi. Kali ini ia terlibat....


NB: JANGAN DIBACA, MENGANDUNG SPOILER!!
R E S E N S I


Ini kisah luar biasa. Kisah anak korban broken home yang tetap bisa survive di tengah kekacauan hidupnya. Tetap berada di jalan yang benar di tengah ketidakbenaran lingkungannya. 


Ini lebih seperti jurnal perjalanan Janie Hannagan memasuki mimpi-mimpi. Ya, Janie mempunyai 'kelebihan' -lebih tepatnya kutukan- bisa memasuki mimpi orang lain. Ia pertama kali tersedot ke mimpi orang lain ketika berusia delapan tahun. Dan semakin bertambah usianya serta semakin banyak orang-orang yang tertidur di sekitarnya, keadaannya semakin buruk. Tanpa bisa ia kendalikan.

Janie adalah gadis remaja yang tinggal dengan seorang ibu pemabuk. Ia harus bekerja di sela-sela sekolahnya untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, karena tunjangan untuk pengangguran hanya cukup untuk membayar sewa rumah dan minuman keras Ibu-nya.

Janie mempunyai tetangga sekaligus sahabat bernama Carrie Brandt. Carrie gadis yang cantik dan selalu memiliki mimpi buruk yang sama. Mimpi tentang seorang anak laki-laki bernama Carson yang tenggelam di danau.

Serta ada Cabel Strumheller, cowok yang membuatnya jatuh cinta dan membuatnya membagi rahasia terbesarnya. Namun ternyata Cabel penuh dengan kebohongan. Dan ada Miss Stubin, penghuni Heather Nursing Home -panti jompo tempatnya bekerja paruh waktu- yang buta dan lumpuh namun sangat ia sukai. Lalu ia tersedot ke sebuah mimpi mengerikan yang semakin mengusik ketenangannya. Mimpi tentang pemuda monster bertubuh raksasa dengan jari-jari pisau.

Bagaimanakah cara Janie menjalani kehidupan jika ia tidak bisa mengendalikan untuk tidak tersedot ke dalam mimpi orang lain? Lalu bagaimana kelanjutan hubungannya dengan Cabel? Dan siapa pemilik mimpi mengerikan itu?
"Hal-hal buruk tidak pernah pergi. dan itu bukan salah siapa-siapa". -Janie
Bisa dibilang, buku ini sangat tipis jika dibandingkan dengan buku-buku lain yang sudah aku baca. Namun hanya dengan 200 halaman, Lisa McMann mampu menghadirkan tokoh-tokoh dengan karakter yang kuat. Serta kisah persahabatan dan percintaan khas remaja tanpa dilebih-lebihkan.

Namun ada beberapa bagian yang menurutku kurang dan penuh kejanggalan. Seperti bagaimana cara Miss Stubin bisa masuk ke mimpi yang menyedot Janie, padahal Miss Stubin sendiri sudah meninggal. Lalu bagaimana mungkin hanya sebuah mimpi mampu membongkar sebuah kejahatan besar. Semua itu seakan dipaksakan untuk memecahkan konflik yang sedang terjadi.

Tapi secara keseluruhan, cukup bisa dinikmati....  


C O V E R - L A I N

  






RATING 2,5 of 5

<< LISA McMANN >>
FADE >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *