Kamis, 12 Juni 2014

[RESENSI] ICE SHOCK by M. G. HARRIS


"KEJUTAN DI GUNUNG ES"
(The Joshua Files Series #2)
Text copyright © M. G. Harris, 2009
Alih bahasa: Nina Andiana
Desain dan ilustrasi cover: Martin Dima
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama: Desember 2010
ISBN: 978-979-22-6494-4
368 hlm


S I N O P S I S

Josh yakin kematian ayahnya bukan kecelakaan, meskipun tak ada yang mempercayainya. Tetapi kini petunjuk-petunjuk baru berdatangan lewat kartu pos, seakan seseorang berbicara padanya dari Veracruz, Meksiko.

Tak ada jalan lain. Josh harus kembali ke Ek Naab dan menyelidiki semuanya, termasuk misteri Gelang Itzamna, di tengah kejaran Simon Madison -si Nissan Biru.

http://www.thejoshuafiles.com


NB: JANGAN DIBACA, MENGANDUNG SPOILER!!
R E S E N S I

Ini kisah tentang pencarian kebenaran. Kebenaran yang akan membawa ke kebenaran yang lain.
Waktu adalah sungai yang menghanyutkanku, tetapi akulah sungai itu; harimau yang meluluhlantakkanku, tetapi akulah harimau itu; api yang menghabisiku, tetapi akulah api itu. -Jorge Luis Borges-
Josh kembali ke Inggris dan memulai kehidupannya lagi. Tapi semuanya tak lagi sama. Mum memang sudah sembuh, tapi kedekatan mereka tak seperti dulu. Seakan ada jarak di antara mereka. begitu juga hubungan Josh dengan Ollie dan Tyler.

Benicio datang ke Oxford dengan membawa kabar buruk. Simon Madison telah kembali. Lalu sebuah fakta mengejutkan dari Rodrigo del Pozo, seorang penyanyi dari Cile sekaligus sahabat Dad. Rodrigo sempat bertemu dengan Dad di Inggris, tanggal 16 Juli pagi. Hari yang sama dengan kematian Dad. Dad pergi ke Saffron Walden. Itu kota kediaman J. Eric  Thompson, arkeolog yang didatangi Aureliano -kakek Josh- empat puluh tahun yang lalu.

Josh pergi ke Saffron Walden bersama Tyler. Ia harus membuktikan kebenaran bahwa Dad memang ada di Inggris hari itu. Dan keberuntungan sedang berpihak pada mereka. Hari itu ada acara semacam pesta kostum di Yale -rumah Thompson. Mereka menjadi Batman dan Robin. Dan yang mereka dapatkan sungguh menakjubkan.

Di rumah, Josh mendapatkan kiriman beberapa kartu pos dari Veracruz, Meksiko. Isinya hanya beberapa kata, semacam petunjuk atau peringatan. Entah siapa pengirimnya dan apa maksud di baliknya. Ternyata Mum juga mendapatkan beberapa kartu pos. Isinya juga semacam petunjuk atau peringatan.

Dan ketika bukti-bukti yang ia curi dari kediaman Thompson ditukar, ia menyadari sesuatu yang salah. Ada yang mengkhianatinya. Tyler atau Ollie, atau bahkan keduanya? Josh harus menyelidikinya.

Josh menghubungi Montoyo dan menceritakan semua yang ia temukan. Besok pagi Josh akan dijemput untuk kembali ke Ek Naab. Namun sebelum itu, Josh harus menyelidiki salah satu temannya yang paling mencurigakan. Josh menemukan bukti tentang siapa dibalik semua ini. Bukan NRO, bukan pula CIA. Sebuah sekte yang telah lama mati. Dan Josh berhasil ditangkap Simon Medison.

Apa yang selanjutnya terjadi dengan Josh? Sekte apakah yang menginginkan semua pengetahuan yang ada dalam Codex Ix? Mampukah Josh menemukan Gelang Itzamna dan kembali ke Ek Naab? 


KESAN:
Kisahnya semakin menarik. Sejak awal aku sudah curiga, pasti ada pengkhianat. Sampai pada kejadian 'itu', aku semakin yakin siapa si pengkhianat. Dan tebakanku benar!

Masih seperti buku pendahulunya, sikap implusif si tokoh utama justru menjadi awal dimulailah petualangan dan konflik-konflik yang terjadi. Bumbu-bumbu cinta sudah mulai muncul. Hal-hal yang sepertinya hanya 'numpang lewat' di buku pertama, justru menjadi kunci jawaban pada buku kedua ini. Di sini, pembaca semakin diperkenalkan dengan kota-kota yang ada di Meksiko. Kota-kota yang penuh dengan sejarah.

Dan seperti buku sebelumnya, beberapa kejadian seakan dibuat terlalu mudah. Untuk anak berusia empat belas tahun, petualangan yang dialami sepertinya terlalu berbahaya dan dengan berbagai keberuntungan selalu bisa ia lalui dan selesaikan. Tokoh-tokoh dimunculkan untuk mempermudah petualangan dan mengungkap segala teka-teki yang ada.

Lalu satu tokoh ini muncul, tokoh yang hanya berupa cerita. Entah kenapa, aku tiba-tiba teringat dengan tokoh Marethyu dalam buku The Secret of the Immortal Nicholas Flamel Series. Tokoh dengan mata biru dan rambut pirang. Ada hubungannya kah? Atau hanya kebetulan saja? Ya, kita tunggu saja kelanjutan dari kisah ini!


C O V E R - L A I N




RATTING 4 of 5

<< M. G. HARRIS >>
ZERO MOMENT >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *