Selasa, 31 Maret 2015

[RESENSI] THE SECRET OF TERROR CASTLE by ROBERT ARTHUR


"MISTERI PURI SETAN"
(Trio Detektif Series #1)
Copyright © 1964 by Robert Arthur
Penerjemah: Agus Setiadi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-0305-95-0
216 hlm


S I N O P S I S

Menemukan rumah berhantu untuk dijadikan lokasi pembuatan film kedengarannya menarik sekali! Apalagi itu bisa membuat biro penyelidikan Trio Detektif terkenal. Dan sepertinya, Terror Castle atau Puri Setan--yang tak berani dihuni siapa pun selama lebih dari dua puluh tahun--tempat yang sempurna. Katanya di sana ada hantu biru yang bermain orgel, kabut kengerian, bahkan jeritan menyeramkan yang sanggup membuat orang terberani sekalipun lari tunggang langgang.

Apa--atau--siapa yang menghantui puri tersebut?

Trio Detektif bertekad menyelidiki misteri di balik Puri Setan sampai tuntas!



R E S E N S I


Oke, ini karya Robert Arthur pertama yang saya baca. Dan saya jatuh cinta.

Dikisahkan, tiga orang sahabat: Jupiter Jones, Peter Crenshaw, dan Bob Andrews, membentuk biro penyelidikan bernama Trio Detektif--dengan tiga tanda tanya. Jupe yang bertubuh gempal--ia tak suka disebut gendut--menjabat sebagai Penyelidik pertama, Pete yang bertubuh tinggi dan kekar namun penakut sebagai Penyelidik Kedua, dan Bob yang bekerja di perpustakaan sebagai  Data dan Riset. Mereka memiliki markas yang tersembunyi di antara tumpukan barang bekas di Jones's Salvage Yard, perusahaan jual beli barang bekas milik Titus dan Mathilda Jones, paman dan bibi Jupe. Mereka berniat menyelidiki sebuah puri di dekat Black Canyon. Namanya Terror Castle--Puri Setan. Tapi sebuah kasus bisa ditangani apabila ada klien yang mendaftarkan kasus tersebut. Orang itu adalah sutradara terkenal bernama Alfred Hitchcock.

Mr. Hitchcock sedang mencari rumah berhantu untuk dijadikan lokasi syuting film terbarunya. Ia sudah menugaskan dua orang untuk mencari lokasi yang tepat. Namun Jupe dan Pete datang dengan penawaran yang dengan berat hati Mr. Hitchcock terima--mereka berhasil masuk dengan mengecoh penjaga gerbang World Studios dengan menggunakan mobil Rolls-Royce antik berlapis emas yang Jupe menangkan untuk bisa ia gunakan selama tiga puluh hari. Dan dimulailah penyelidikan mereka.

Dengan mobil berlapis emas dan sang sopir yang sangat sopan, Worthington, yang siap mengantar mereka kemana saja, mereka mendatangi Puri Setan di malam hari, dan berhasil dibuat lari terbirit-birit. Namun bukan Jupe jika menyerah begitu saja. Penyelidikan harus terus berlanjut. Dan mereka tidak ingin kasus pertama mereka ini gagal begitu saja.

Benarkah Puri Setan itu dihantui arwah pemiliknya, Stephen Terrill? Berhasilkah Skinny Norris menggagalkan penyelidikan mereka?

Pada awalnya, saya mengira ini karya Alfred Hitchcock, yang ternyata hanya cameo dalam kisah petualangan tiga sahabat ini. Yang saya sendiri tidak tahu apakah Alfred ini tokoh nyata atau hanya ciptaan sang penulis. Yang pasti, tokoh ini kurang tereksplor.

Secara garis besar, misteri yang disajikan sangat menarik. Bagaimana tiga anak yang mungkin berumur 15-16 tahun, ditandai dengan belum berhak memiliki SIM, memecahkan misteri hantu yang meneror sebuah puri. Walaupun bentuk dan lokasi Puri Setan kurang tergambarkan. Saya hanya bisa membayangkan sedikit tentang bentuk dari puri tersebut.

Tokoh Jupe ini sepertinya sangat jenius. Hanya dengan satu kali datang dan beberapa lembar foto, ia sudah bisa menganalisis misteri dibalik hantu-hantu yang berhasil membuat orang-orang dewasa lari dan tak berani kembali. Misteri yang sudah tercipta selama dua puluh tahun bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa hari saja. Hmm... luar biasa.

Petualangan yang amat menegangkan. Saya tidak sabar untuk membaca petualangan Trio Detektif ini dalam memecahkan kasus-kasus selanjutnya.


C O V E R - L A I N

  

  

   


RATTING 3 of 5

<< ROBERT ARTHUR >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogger templates

Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *